Antara Cinta dan Kecocokan..

Desember 1, 2008 ciwont

Apa yang Anda lihat dari pasangan Anda, Cinta atau Cocok?
Seringkali tanpa sadar kita terjebak pada pemikiran bahwa mengarungi hidup dengan seseorang yang kita cintai harus mempertimbangkan mengenai adanya kecocokan atau ketidak-cocokan antara kita dengan pasangan. Suatu pemikiran yang bisa dikatakan amat sulit untuk diterapkan.
Bagaimana mungkin mencari seseorang yang harus cocok dalam segala sesuatunya dengan Anda? Mungkin dalam beberapa hal Anda memiliki kecocokan dengan pasangan, tapi coba lihat, betapa banyak ketidak-cocokan yang ada pada Anda dan pasangan. Lalu apakah itu lantas menjadi alasan Anda tidak bisa berjalan bersama dengan pasangan (suami atau istri) menapaki perjalanan yang panjang, sebagaimana apa yang dicita-citakan Anda dan pasangan, menjalani hidup bersama dalam suka dan duka dalam keridhoan Allah SWT, karena sesungguhnya Allah adalah saksi bagi tiap2 pernikahan manusia.
Begitu banyak hal yang tidak Anda sukai pada pasangan. Begitu banyak hal yang tidak cocok antara Anda dengan pasangan. Barangkali kalau Anda buat daftar apa2 yang Anda sukai, bisa jadi ternyata tidak sama dengan apa yang disukai pasangan Anda.
Bisa jadi banyak hal yang mungkin disukai pasangan, sementara Anda tidak menyukainya. Karena manusia pada dasarnya memang dilahirkan sebagai makhluk yang kompleks, dengan isi kepala dan keinginan yang beragam, dan selalu mengalami perubahan seiring dengan pertambahan usia yang mempengaruhi kedewasaan sikap seseorang. Maka akan selalu ada ketidak-cocokan antara Anda dengan pasangan. Allah menciptakan segala sesuatu berlawanan di dunia ini, dan menjadikan semua itu sesuatu yang Anda sebut sebagai HARMONI…KESEIMBANGAN…dan KESELARASAN.

THEN SO WHAT?
Apakah ini menjadi penghalang untuk Anda bisa terus berjalan dengan pasangan?
No, I don’t think so…
Ketidak-cocokan adalah anugerah yang membuat hidup Anda sangat dinamis dan semarak.
Ketidak-cocokan adalah sarana bagi Anda untuk saling menghargai pasangan Anda, menerima pasangan Anda apa adanya…As a human being. Not as an angel.
Karena kesempurnaan hanyalah milik Sang Khalik.
Ketidak-cocokan adalah cara Anda untuk menyatakan :
”How Much I Love You.. I don’t care about what’s different between us. What I care is, God has given me someone to whom I fall in love with.. Fall in love with you…”
Allah yang memberikan kasih sayang ini (atau apa yang Anda sebut sebagai cinta) agar Anda bisa menjalani kehidupan ini seterusnya bersama pasangan Anda.
Allah yang menciptakan cinta yang tumbuh di hati Anda dan pasangan Anda masing-masing, dan Allah yang mempertautkannya sehingga Anda menjadi berpasang-pasangan, dalam ikatan pernikahan. Agar dengannya Anda bisa menikmati kenikmatan duniawi, memiliki keturunan. Hidup dalam kesempurnaan sebagai manusia. Hidup dalam keharmonisan dan keselarasan sebesar apapun perbedaan yang ada, karena cinta telah menjadi pengikat yang erat. Dan cita-cita yang sama sebagai tujuan hidup, menjadi keluarga Sakinah, Mawaddah, Warohmah, hingga akhir hayat Anda. Dan…cinta jugalah yang pada akhirnya akan mempertemukan Anda dan pasangan kelak di akhirat nanti..
Cinta sejati adalah cinta yang tidak mengenal perbedaan dan ketidak-cocokan. Cinta sejati adalah cinta yang karenanya Anda bisa mengabaikan hal-hal yang negatif pada pasangan Anda dan menjadikan Anda yakin dan berani mengatakan bahwa pasangan Anda (saat ini) adalah yang sempurna dan yang membuat Anda sempurna…dan lengkap. ”You fill me up and you make my life complete”
Mencari Pasangan Yang Cocok?
Memang tidak selamanya salah, namun juga tidak seharusnya demikian.
Why?…Alasan mencari kecocokan atau menghindari ketidak-cocokan, hanya akan menjadikan seseorang berada dalam pencarian yang tidak berakhir.
Karena tidak mungkin mencari seseorang yang 100% memiliki kesamaan dan kecocokan dengan Anda. Apakah Anda ingin ’dipacari’ ketika pasangan merasa cocok dengan Anda, lalu suatu ketika Anda ditinggalkan pasangan hanya karena pasangan Anda mendapatkan kenyataan bahwa Anda dan pasangan tidak memiliki kecocokan. Atau sebaliknya..apakah Anda ’memacari’ pasangan semata-mata untuk mencari kecocokan terlebih dahulu dan lalu meninggalkan pasangan Anda ketika menyadari kalau ternyata tidak cocok..?
Think About It…
Maka ketika Anda merasakan cinta itu datang — cinta yang datangnya dari hati dan bukan cinta yang disilaukan oleh pandangan ; pasangan yang cantik/gagah, harta yang melimpah, sikap yang baik dan manis, dll — maka tangkaplah. Cinta yang telah menggetarkan lubuk hati Anda yang paling dalam dan memberikan keyakinan pada Anda, bahwa inilah pasangan (jodoh) yang diberikan Allah kepada Anda. Dan ketika anda ragu..maka berdoalah : ”Ya Allah, jika dia memang benar-benar seseorang yang baik untukku dan Engkau berikan untuk menyempurnakan separuh agamaku, maka dekatkanlah dan permudahlah..Namun jika dia memang seseorang yang kelak akan membawa mudharat bagiku, maka bukakanlah mata hatiku agar aku bisa melihatnya..”.

Entry Filed under: MENARIK...!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: